Selamat Datang di Website Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Timur
28 Pelamar Selter JPT Pratama Ikuti Seleksi Penulisan Makalah - BKD. Prov.Kaltim

28 Pelamar Selter JPT Pratama Ikuti Seleksi Penulisan Makalah

  Senin, 21-08-2023   10:59   Renick   397

Samarinda - Sebanyak 28 pelamar seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di lingkungan Pemprov. Kaltim mengikuti seleksi penulisan makalah hari ini pada Senin (21/8/2023).

Seperti diketahui Panitia Seleksi JPT Pratama Pemprov Kaltim telah mengumumkan membuka sebanyak dua jabatan lowong yakni JPT Pratama untuk jabatan Kepala Dinas Disperindagkop UMKM dan Kepala Biro Kesejahteraan (Kesra).

(Keterangan gambar : Peserta atau pelamar JPTP sedang mengikuti seleksi penulisan makalah di Ruang CAT Gedung UPTD Penilaian Kompetensi Pegawai BKD Kaltim)

Dari tahapan sebelumnya seleksi administrasi,  ditetapkan sebanyak 29 pelamar telah memenuhi syarat atau lolos seleksi administrasi. Kemudian berhak mengikuti tahapan selanjutnya yaitu seleksi penulisan makalah. Namun saat penulisan makalah, dari 29 pelamar 1 orang tidak hadir.

“Selamat kepada bapak ibu yang telah lulus seleksi administrasi. Saya melihat ada juga yang sudah beberapa kali mengikuti selter (JPT Pratama). Semoga berhasil mencapai apa yang dicita-citakan,” kata Kepala BKD Prov. Kaltim, Deni Sutrisno didampingi Kabid Mutasi BKD Yuli Fitriyanti saat membuka seleksi penulisan makalah JPT Pratama di gedung UPTD Penilaian Kompetensi Pegawai (PKP) BKD Kaltim.

Saat itu, Deni mengungkapkan bahwa UPTD PKP adalah bagian dari unit pelaksana teknis untuk melakukan pemetaan kinerja dan kompetensi pegawai, yang mana pemetaan pegawai adalah bagian dari melaksanakan program nasional yaitu  manajemen talenta.

Jika ada pemerintah daerah sudah melaksanakan manajemen talenta maka tidak perlu lagi melaksanakan seleksi terbuka pada jabatan-jabatan yang ditargetkan. Data pemetaan pegawai sudah terproyeksi melalui talent pool.

“Kita langsung ambil (data) dari talent pool. Ouput dari manajemen talenta artinya kombinasi antara kinerja dan kompetensi pegawai sudah tergambar di talent pool sebagaimana yang sudah dipersyaratkan, sebagai bahan rencana suksesi pada jabatan-jabatan target atau yang kosong, pastinya dalam sistem merit,”  jelas Deni.

Pemprov Kaltim sendiri, lanjut dia, sudah melaksanakan manajemen talenta sebagaimana yang sudah direkomendasikan oleh KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara).

Menurutnya Pemprov Kaltim saat ini berada pada kategori BAIK dengan penilaian secara kuantifikasi 263,5. Kategori BAIK atau SANGAT BAIK dalam pelaksanaan sistem merit akan diberi kesempatan untuk penempatan atau pengisian pegawai pada jabatan-jabatan tanpa melalui selter, tentunya nanti melalui rekomendasi oleh KASN.

Karena itu Deni berharap pada kesempatan ini, seleksi penulisan makalah, peserta dapat benar-benar bisa menuangkan gagasan ide rencana aksi nya. Sebelumnya tim sekretariat sudah menyampaikan tata tertib maupun teknis penulisan makalah.

Ia juga mengatakan penulisan makalah adalah bagian atau rangkaian pada tahapan selanjutnya yaitu seleksi presentasi dan wawancara makalah yang akan dijadwalkan minggu selanjutnya, tanggal 28 Agustus 2023.

“Apa yang ditulis hari ini nantinya tidak terlepas dari persentasi yang disampaikan pada tahapan berikutnya. Jadi ini merupakan rangkaian, tidak terputus. Ada pengalaman sebelumnya hari ini menulis A pada saat presentasi menyampaikan B. Gagasan (peserta) akan jadi pendalaman oleh tim pansel, artinya saat wawancara,” imbuhnya.

Adapun jumlah pelamar atau peserta JPT Pratama sebanyak 29 orang dengan rincian,  Disperindagkop 12 orang pelamar, dan Biro Kesra 17 pelamar.

Sebagai informasi, besok pada Selasa tanggal 22 Agustus 2023 peserta akan ikut tahap selanjutnya yaitu uji kompetensi melalui metode assessment center. Nick

Berita Provinsi