Live Score Hasil SKB CPNS Pemprov. Kaltim 2019 dapat dilihat disini
Antisipasi Covid-19, Pegawai BKD Provinsi Kaltim Ikut Swab Massal - BKD. Prov.Kaltim

Antisipasi Covid-19, Pegawai BKD Provinsi Kaltim Ikut Swab Massal

  Selasa, 08-09-2020   15:05   Renick   175

Samarinda, Kaltim : Kasus Covid-19 terus meningkat secara signifikan di Kalimantan Timur, baik kasus terkonfirmasi  positif hingga meninggal dunia disebabkan oleh covid-19. Dan, pemerintah terus berupaya bergerak cepat guna memutus rantai penyebaran virus tersebut di kalangan masyarakat.                                     

Menyusul, Pemprov Kaltim melalui Dinas Kesehatan Prov Kaltim melakukan tes Swab massal dari kantor ke kantor di lingkungan Dinas Perkantoran Perangkat Daerah (PD) Pemprov Kaltim.

Tak terkecuali, segenap pegawai PNS dan non PNS di lingkup BKD Provinsi Kaltim pun mengikuti tes Swab melalui mobil PCR Lab milik Dinkes, pada Selasa (8/9). Pengambilan sampel dilakukan di parkiran basement Gedung BKD Prov Kaltim Jl. M. Yamin No, 1. 

Menyikapi hal tersebut Kepala BKD Prov Kaltim Diddy Rusdiansyah mengakui saat ini pemerintah melalui Dinkes telah melakukan kemajuan besar, diharapkan lewat tes swab (mobile) ini sehingga masyarakat tidak perlu terlalu khawatir lagi karena sudah tercover untuk antisipasi penyebaran virus Covid-19.

“Dengan angka penyebaran covid-19 yang signifikan, melalui program ini kita sebagai masyarakat sangat terbantu karena sudah dicover oleh pemerintah, semoga kedepannya program ini bisa terus berjalan termasuk kepada masyarakat umum khususnya di Samarinda Kaltim, itu yang terpenting. Kami ucapkan terima kasih untuk Dinkes yang telah memfasilitasi tes Swab ini, mudah-mudahan ini sukses,”, ujar Diddy.

Keterangan gambar : Kepala BKD Provinsi Kaltim Diddy Rusdiansyah ikut Swab

Hal senada disampaikan oleh Sekretaris BKD Prov Kaltim Nina Dewi, ”kami memberikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Dinkes yang telah memfasilitasi tes swab bagi seluruh pegawai baik PNS maupun non PNS di BKD Prov Kaltim, termasuk sampai dengan petugas Satpam dan Cleaning Service. Semoga hasilnya nanti semua negatif,”katanya sekaligus berharap program ini terus dilakukan sampai benar-benar covid 19 hilang.

Sementara Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Dinkes Prov Kaltim M. Maulana Fahmi mengemukakan tujuan swab massal yang dilakukan di lingkungan PD Pemprov Kaltim ini intinya untuk mendeteksi sedini mungkin apakah ada karyawan yang terkena positif Covid-19, jika ada yang positif Covid maka agar secepatnya melakukan isolasi mandiri guna memutus rantai penyebaran virus.

“Rencana ini semua dinas sudah kita jadwalkan insyallah sampai dengan tanggal 22 Oktober nanti, hari pertama kemarin kita laksanakan di Dinkes sendiri, hari ini BKD yang kedua, besok rencana kita di kantor Gubernur,”,jelasnya

Dilansir dari data Dinkes Prov Kaltim, tercatat dalam satu bulan (24 Juli-24 Agustus 2020) terdapat kenaikan hingga 3 kali lipat kasus terkonfirmasi positif dari 1072 menjadi 3145 kasus. Kemudian untuk kasus meninggal naik hingga 5 kali lipat dari 24 menjadi 125 kasus. (Dinfobkdkaltim/Nick)

Berita Provinsi