Selamat Datang di Website Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Timur
BKD Bangun SI Assessment Center, Fokus Kembangkan Layanan - BKD. Prov.Kaltim

BKD Bangun SI Assessment Center, Fokus Kembangkan Layanan

  Jumat, 21-05-2021   08:59   Renick   617

Jatim, Surabaya - Komitmen BKD Prov. Kaltim untuk berupaya meningkatan pelayanan masih terus berlanjut, berbagai inisiatif pun dilakukan salah satunya dengan membangun Sistem Informasi (SI) manajemen assessment center pada UPTD Penilaian Kompetensi Pegawai (PKP) bekerjasama dengan salah satu vendor ternama di bidang Teknologi Informasi di Kota Surabaya.

"Semoga ini menjadi bagian dari rencana kita dalam rangka melakukan pembenahan layanan agar semakin baik terutama pada penerapan layanan yang berbasis teknologi," kata Kepala BKD Kaltim Diddy Rusdiansyah saat hadir pada monitoring dan evaluasi SI manajemen assessment center UPTD PKP di Hotel Swiss Bellin Tunjungan Surabaya, pada Kamis (20/5/2021).

(Keterangan gambar : Tim assessor dan psikolog UPTD PKP saat simulasi, try out dan evaluasi SI manajemen assessment center didampingi konsultan vendor)

Selain SI manajemen assessment center UPTD PKP  bagian daripada pengembangan kapasitas layanan kepegawaian, BKD juga fokus melakukan upaya-upaya terhadap pengembangan kompetensi, dengan pengujian yang berbasis elektronik dan tidak lagi manual.

Kemudian lanjut mantan Kadis Kominfo Kaltim itu, upaya ini (membangun SI UPTD PKP-red) diakuinya termasuk bagian daripada  upaya persiapan manajemen talenta (talent pool) yang saat ini banyak digaungkan oleh berbagai macam organisasi.

Seperti diketahui manajemen talenta merupakan upaya untuk memahami talenta seorang pegawai yang sesuai dan selaras dengan SDM.

"Talent pool itu akan kita lakukan, salah satunya dari sini (sistem) dulu kita benahi,  insyaallah tercapai tergantung konsistensi perencanaan kita," ucapnya.

Disebut pula bahwa kegiatan ini juga merupakan upaya untuk memenuhi akreditasi UPTD PKP.

(Keterangan gambar : Kepala BKD Kaltim Diddy Rusdiansyah (kiri) didampingi Kepala UPTD PKP Yuli Fitrianti (kanan) saat meninjau simulasi SI manajemen assessment center).

Sementara Kepala UPTD PKP Yuli Fitriyanti mengatakan SI tersebut masih baru dibangun dan saat ini masih sedang dalam tahap evaluasi maupun penyempurnaan dengan didampingi pihak konsultan.

"Ini masih baru, akan terus dikembangnkan nantinya. Saat ini kami masih try out dan mengevaluasi, sehingga aplikasi ini layak digunakan dan valid" kata Yuli.

Dengan SI manajemen asseesment center/UPT PKP ini akan lebih banyak membantu kegiatan manajemen asseesment, diantaranya mengelola pembagian tugas asessor, mengatur jadwal, mengatur assessi, dan ujian secara online.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari pada tanggal 19-20 Mei 2021 di Hotel Swisbell inn Tunjungan Surabaya itu melibatkan para tenaga assessor dan psikolog UPT PKP BKD Kaltim didampingi pihak konsultan vendor. Nick/Yul

Berita Provinsi