Selamat Datang di Website Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Timur
BKD Gelar Bimtek Pelayan KP, Kunci Keberhasilan : Disiplin Data Simpeg - BKD. Prov.Kaltim

BKD Gelar Bimtek Pelayan KP, Kunci Keberhasilan : Disiplin Data Simpeg

  Senin, 24-05-2021   17:54   Renick   590

Samarinda - BKD Prov Kaltim melalui bidang Mutasi Sub Kepangkatan Kepegawaian menggelar bimbingan teknis (bimtek) aplikasi pelayanan kenaikan pangkat atau lebih familiarnya dengan singkatan Pelayan Kape.

Adapun Bimtek Pelayan Kape diikuti sebagai peserta yaitu Kasubag Umum/Tata Usaha, pejabat pengelola kepegawaian yang menjadi penanggung jawab (operator) Pelayan Kape pada perangkat daerah di lingkungan Pemprov Kaltim.

Kepala BKD Provinsi Kaltim Diddy Rusdiansyah mengemukakan seiringnya perkembangan teknologi serta dampak pandemi Covid-19 layanan-layanan kepegawaian terus diarahkan pada pelayanan digital.

"Dampak pandemi ini menjadi hikmah, seiring dengan perkembangan teknologi maka layanan-layanan yang bersifat administratif, layanan BKD kedepannya akan kami arahkan ke serba digital," ujar Diddy saat membuka bimtek aplikasi pelayan Kape yang digelar di gedung UPTD Penilaian Kompetensi Pegawai di Jl. Kartini Samarinda No 13, Senin (24/6/2021).

(Bimtek aplikasi Kape : Digelar selama dua hari pada tanggal 24-25 Mei 2021, sebagai peserta diikuti pejabat pengelola kepegawaian perangkat daerah di lingkungan Pemprov Kaltim)

Hadirnya aplikasi Pelayan Kape ini diharapkan dapat mempermudah pengurusan dalam pelayanan kepangkatan PNS, sehingga semakin efektif dan efisen sehingga diberikan dengan tepat waktu, tepat orang dan tepat bayar. Aplikasi Pelayan Kape telah dilaunching baru beberapa pekan ini.

Selain Pelayan Kape, BKD sendiri sudah menerapkan layanan-layanan kepegawaian serba digital lainnya seperti aplikasi Kenaikan Gaji Berkala (e-KGB), Layanan Cuti (Pecut ASN), Layanan Tugas/Izin Belajar PNS (Simpel Tibel) yang semuanya bermuara pada Sistem Kepegawaian (Simpeg).

Meskipun layanan-layanan digital yang disebutkan tadi Diddy menegaskan kerja sebagus apapun aplikasi pelayanan yang disiapkan BKD tidak akan berarti apa-apa tanpa dukungan data PNS yang akurat melalui Simpeg semua menjadi tidak berarti.

"Mohon perhatikan Simpeg dimasukkan datanya dengan benar. Kape ini selain terintegrasi dengan Simpeg juga SAPK dan jadi satu data di pusat nanti namanya SI ASN," jelasnya.

Masih terkait data Simpeg iapun menuturkan beberapa permasalahan karena masih adanya yang abai terhadap pengisian data pada Simpeg, salah satunya didapati kendala saat ingin melakukan promosi Jabatan Pengawas (eselon IV) akibat data yang tidak valid.

"Promosi Pejabat Pengawas itu tidak murni semua pertimbangannya dari usulan perangkat daerah, tapi kami rapatkan melalui baperjakat itu dasarnya melihat data di Simpeg, melihat dari Daftar Urut Kepangkatan (DUK) dan data lainnya,"akunya.

"Silahkan pelajari aplikasi Kape ini dengan baik dan benar, saya yakin aplikasi ini memang belum sempurna, tapi kami BKD akan berusaha sempurna. Berikan masukan berarti, jangan ragu kami BKD selalu terbuka," ujarnya

Sementara Kabid Mutasi Jasniansyah menambahkan bahwa kunci keberhasilan layanan kepegawaian hampir sepenuhnya terletak pada disiplin pada data Simpeg/peremajaan data.

"Walaupun sebanyak apapun aplikasi layanan kepegawaian yang kami buat untuk melayani tidak ada artinya tanpa suport dari bapak ibu untuk peremajaan data. Karena Simpeg adalah bank data kita, semua data bermuara pada Simpeg," tuturnya.

Kegiatan bimtek aplikasi Pelayan Kape berlangsung selama dua hari tanggal 24-25 Mei 2021 di Kantor UPTD Penkom BKD Prov Kaltim. Usai bimtek peserta diberikan akses berupa user sebagai operator layanan Kape di masing-masing perangkat daerah.  Nick/Jas

Berita Provinsi