Selamat Datang di Website Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Timur
BKD Gelar Sharing Session Selter JPT Sebagai Motivasi Bagi Administrator, Dirangkai Penyerahan SK Pangkat - BKD. Prov.Kaltim

BKD Gelar Sharing Session Selter JPT Sebagai Motivasi Bagi Administrator, Dirangkai Penyerahan SK Pangkat

  Kamis, 24-03-2022   15:58   Renick   140

SAMARINDA - BKD Provinsi Kaltim menggelar kegiatan sharing session dan sosialisasi E-Selter bagi 75 PNS pejabat administrator di lingkungan Pemprov Kaltim, yaitu terkait pedoman tentang seleksi terbuka (selter) Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama.

Disebutkan, tujuan kegiatan selain untuk menambah wawasan juga sekaligus memberikan motivasi bagi para pejabat administrator dalam rangka peningkatan jenjang karir melalui selter (JPT).

(Keterangan gambar : Kepala BKD Kaltim foto bersama seluruh peserta sharing session selter JPT)

Adapun Kegiatan mengacu terhadap ketentuan peraturan peperundang-undangan yang terdiri dari UU Nomor 5/2014, PP 11/2017, dan Permenpan-RB Nomor 15/2019.

"Pengisian JPT Pratama dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan PNS dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan/pelatihan, rekam jejak jabatan, dan integritas, "maksud dari Undang-Undang diatas tadi disampaikan Kepala BKD Kaltim Diddy Rusdiansyah saat membuka acara sharing session bagi pejabat administrator, di Kantor BKD Kaltim, Rabu (23/3/2022).

Diddy menyebut kegiatan ini merupakan momentum yang tepat mengingat saat ini Pemprov Kaltim membuka peluang yang cukup besar yaitu terdapat 10 posisi JPT Pratama yang kosong. Data (10 JPT lowong) berdasarkan catatan BKD hingga bulan Maret 2022. Jabatan lowong tersebut dikarenakan ada yang pensiun, beralih jenjang, dan meninggal dunia.

 "Kami membuka kesempatan, kalau tidak ada yang mengikuti kami tidak memaksa, tapi secara aturan kami hanya mengingatkan, kalau tidak berminat tidak apa-apa,"tuturnya

Kemudian lanjut Diddy, untuk menunjang kemudahan layanan selter BKD kembali melakukan terobosan yaitu membuat layanan berbasis digital, yang diberi nama E-Selter.

"Para peserta yang ingin melamar Jabatan Pimpinan Tinggi tidak harus datang langsung menyerahkan berkas atau mengirim cukup menguploadnya di aplikasi E-Selter,"sebutnya.

Aplikasi ini diakuinya berjalan lancar dan sudah mulai diterapkan pertama kalinya pada seleksi Sekda belum lama ini. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir kontak secara langsung dan menerapkan less paper di masa pandemi Covid-19.

                                                                

                    (Keterangan gambar : Kepala Disnakwan Prov Kaltim Munawar saat menjadi narasumber sharing session Selter JPT Pratama)

Pada sharing session turut hadir Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kaltim, Munawar yang didaulat sebagai narasumber. Diketahui, Munawar merupakan salah satu diantara pejabat administrator yang berhasil lulus selter JPT Pratama Pemprov Kaltim beberapa tahun yang lalu.

Pada kesempatan ini, ia membagikan tips dan pengalamannya saat mengikuti selter, dan memberikan motivasi kepada peserta sharing session.

Adapun pejabat BKD Kaltim yang turut menyampaikan materi terdiri dari Kabid Mutasi Yuli Fitriyanti, Kabid Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi ASN, dan Kasubid Mutasi Jabatan Reza Hendranuansa.

                                                               

Disela acara sharing session turut dilaksanakan penyerahan simbolis SK Kenaikan Pangkat Periode 1 April 2022 . Berikut yang diserahkan sebanyak 123 SK bagi 16 perangkat daerah di lingkungan Pemprov Kaltim. Nick

Berita Provinsi