Selamat Datang di Website Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Timur
BKD Ikuti FGD Gap Analisis Kebutuhan SDM ASN Sesuai Prioritas Dan Potensi Kewilayahan - BKD. Prov.Kaltim

BKD Ikuti FGD Gap Analisis Kebutuhan SDM ASN Sesuai Prioritas Dan Potensi Kewilayahan

  Rabu, 29-09-2021   13:46   Renick   520

SAMARINDA - BKD Kaltim mengikuti Focus Group Discussion (FGD) terkait kajian prioritas nasional dengan topik “Gap Analysis Kebutuhan SDM Aparatur Sipil Negara (ASN) Sesuai Prioritas dan Potensi Kewilayahan” dengan tim Peneliti Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI.

FGD ini diinisiasi oleh Pusat Kajian Manajemen ASN LAN (PKMASN-LAN) bertujuan untuk mendiskusikan komposisi eksisting maupun kebutuhan strategis SDM ASN pada sektor prioritas yang ada di Kaltim, yaitu pada sektor kehutanan, perkebunan dan pertambangan.

“Kajian ini kami fokus memperhatikan sektor prioritas yang diamanatkan oleh RPJMN dan juga potensi kewilayahan, teman-teman tim penelitian sudah 5-6 bulan melaksanakan kajian, dan tahapan terakhirnya di Kaltim ini,” ujar Kepala Pusat Kajian Manajemen ASN LAN RI, Yogi Suwarno selaku ketua rombongan tim peneliti PKMASN LAN dalam sambutannya membuka FGD yang digelar di Ruang Rapat Kantor BKD Kaltim, Rabu (29/9).

Menurut Yogi, Kaltim salah satu wilayah yang cukup unik, tidak hanya di sektor kehutanan dan perkebunan tetapi juga ada variabel penting yang ingin diteliti oleh timnya, yaitu agenda besar rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) di Kaltim.

“Salah satu variabel penting yaitu tentang pemindahan IKN di Kaltim, kita ingin memotret atau mengidentifikasi kebutuhan ASN kedepannya, sehingga kami sangat yakin dan berharap diskusi yang kita lakukan ini akan memberikan banyak informasi yang diperlukan tim kajian, penelitian yang dilakukan dalam satu tahun ini,” tuturnya.

Atas kesempatan ini Yogi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemprov Kaltim dan peserta FGD, sekaligus berharap hasil diskusi ini nantinya menjadi input penting dalam penyelesaian kajian ini.

Adapun peserta FGD Kepala BKD Kaltim diwakilkan oleh Kabid Pengadaan,Pemberhentian, dan Informasi (PPI), Andry Prayugo, Kabid Pengembangan ASN Robiana Hastawulan, dan Kasubid Perencanaan Pengadaan ASN Reza Febryanto.

Pihak BKD menyampaikan beberapa gambaran pengembangan SDM, kebutuhan kompetensi/keahlian SMD ASN, serta menyoroti kesiapan SDM ASN saat menyambut Kaltim sebagai IKN.

FGD Berlangsung pada 29 September - 1 Oktober 2021, dimana hari pertama lokus di BKD dan diikuti peserta FGD perwakilan perangkat daerah Pemprov Kaltim lainnya yaitu Disnakertrans dan BPSDM. Jadwal berikutnya lokus dilanjutkan di Dinas ESDM, Dinas Kehutanan, Dinas Perkebunan, dan Dinas PUPR dan Perumahan Rakyat. Nick

Berita Provinsi