Selamat Datang di Website Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Timur
BKD Kaltim Ikut Sosialisasi SIDA, Siap Dukung Transformasi Layanan Digital - BKD. Prov.Kaltim

BKD Kaltim Ikut Sosialisasi SIDA, Siap Dukung Transformasi Layanan Digital

  Jumat, 07-05-2021   20:23   Renick   481

Samarinda— BKD Provinsi Kaltim menerima kunjungan tim Pranata Komputer (Prakom) Ahli Muda dari Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kaltim. 

Tim Prakom yang dipimpin oleh Kabid Bidang Aplikasi dan Telematika (Aptika) Diskominfo Kaltim Normalina ini dalam rangka mensosialisasikan SIDA (Sistem Informasi Digital Administrasi) dan tanda tangan elektronik (DS). salah 1 dari 6 perangkat daerah yang menjadi Pilot Project dan berkomitment mendukung transformasi Digitalisasi adalah BKD Prov. Kaltim.

“BKD adalah OPD ketiga yang kami datangi. Yang dibutuhkan adalah komitmen kuat dari pimpinan. Kebetulan BKD sangat responsif dengan aplikasi ini. Sehingga BKD menjadi salah satu pilot project dan dalam satu bulan ini semoga bisa diterapkan di BKD,” terang Normalina saat sosialisasi SIDA di Ruang Rapat Lantai II Kantor BKD Kaltim, Jumat (7/5/2021).

Sebelum meluncurkan aplikasi ini (SIDA-red) BKD sendiri telah menghubungi Diskominfo  dan menyatakan ingin menggunakan aplikasi ini.

Sementara itu Kepala BKD Kaltim diwakili oleh Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi (PPI) Andry Prayugo turut ungkapkan bahwa BKD menyambut baik atas adanya Aplikasi SIDA.

"Sebetulnya SIDA ini merubah pekerjaan konvensional menjadi digital, seperti yang telah dijelaskan, bahwa aplikasi ini semacam e-office," jelas Andry ketika ditemui usai sosialisasi SIDA.

Melalui Aplikasi SIDA ini pekerjaan surat menyurat yang biasanya menggunakan kertas, bertransformasi menjadi digital (PDF), mekanisme persuratan tetap seperti biasa seperti ada disposisi, verifikasi surat, hingga penandatanganan, namun semuanya dilakukan secara elektronik (Digital Signature), yang lebih dikenal dengan Paperless. 

Diakuinya BKD Prov. Kaltim berkomitmen untuk mendukung hal-hal yang berkaitan dengan peningkatan pelayanan kepegawaian, transformasi digital mengacu pada proses dan strategi menggunakan teknologi digital untuk proses secara keseluruhan, salah satunya melalui SIDA ini, selain itu penggunaan tanda tangan elektronik atau lebih dikenal dengan Digital Signature (DS) akan banyak mempersingkat proses bisnis yang ada di BKD, seperti layanan kenaikan pangkat, layanan Kenaikan Gaji Berkala, dan layanan kepegawaian lainnya.

"Hari ini adalah pengenalan singkat tentang SIDA dan tandatangan Elektronik, selanjutnya kita akan agendakan untuk pelatihan teknis lebih lanjut dengan  Diskominfo, agar lebih familiar menggunakan aplikasi dalam kegiatan kerja sehari-hari," pungkasnya.

Pada kesempatan ini hadir jajaran BKD Kaltim sebagai peserta sosialisasi terdiri dari, Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas. Nick/Ndry

Berita Provinsi