Selamat Datang di Website Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Timur
Buka Puasa Bersama, Pererat Silaturahim Di Lingkup BKD Kaltim - BKD. Prov.Kaltim

Buka Puasa Bersama, Pererat Silaturahim Di Lingkup BKD Kaltim

  Selasa, 04-05-2021   10:13   Renick   322

Samarinda - Dalam rangka mempererat tali silaturahmi antar sesama pegawai, jajaran Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Prov. Kaltim mengadakan acara buka puasa bersama.

"Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran BKD yang hadir pada kesempatan ini, sama-sama kita juga sekaligus memperingati Nuzulul Quran, Insyaallah," kata Kepala BKD Kaltim Diddy Rusdiansyah dalam sambutannya saat membuka acara silaturahmi dan buka puasa bersama keluarga besar BKD di Ruang Rapat lantai III Kantor BKD Kaltim, Senin (3/5/2021).

(Eratkan Silaturahmi : Bukber antar pegawai di lingkup BKD Kaltim, diadakan terbatas dan menerapkan protokol kesehatan guna mengikuti anjuran pemerintah)

Diddy berharap walaupun acara yang diadakan secara sederhana ini tetap dapat memupuk rasa persaudaraan dan lebih mendekatkan antar sesama pegawai.

"Selain buka puasa bersama acara ini juga dikemas dengan sholat tarawih bersama," ujarnya.

Sementara itu untuk tausiyah disampaikan oleh Ustad Aspiannur atau yang akrab di sapa Ustad Atay, menurutnya dalam bulan suci Ramadhan banyak hal-hal yang bisa lakukan untuk menambah berkah dan amal ibadah serta sebagai upaya meningkatkan ukhuwah Islamiyah antara sesama umat muslim di momen Ramadhan.

Salah satu poin penting kali ini ia menyampaikan pentingnya menjaga silaturahim.

"itu(silaturahim-red)salah satu indikator seseorang merasa lebih dekat dengan Allah SWT, kalau taqwanya bagus maka semangat silaturahim nya juga bagus,"jelasnya.

Yaitu dengan mendekatkan kekerabatan maka orang itu secara psikologis sudah jelas tidak bermasalah, nyaman bergaul karena sudah merasa dekat, sebaliknya jika psikologis nya bermasalah, maka berat untuk menyambung silaturahmi dengan orang lain.

Padahal Rasulullah SAW lanjut Atay, mengizinkan umatnya tidak boleh berseteru lebih dari maksimal 3 hari, oleh karena itu kalau bisa segera diperbaiki lagi hubungan silaturahmi itu.

Kemudian Rasulullah juga bersabda barangsiapa yang mau dipanjangkan umurnya, rezkinya maka caranya adalah  dengan menyambung silaturahim terutama dengan yang ada hubungan kekerabatan seperti keluarga.

"Sebentar lagi kita bayar zakat fitrah, justru kesempatan ini diutamakan kekerabatan yang lebih dekat itu yang kita liat dia memang hidupnya susah atau miskin dan perlu mendapat santunan, itu yang lebih diutamakan,"tuturnya.

Mengingat masih masa pandemi dan demi mengikuti anjuran pemerintah, maka acara ini diadakan terbatas dan hanya dihadiri khusus internal pegawai di lingkungan BKD terdiri dari pimpinan maupun staf PNS dan Non PNS. Nick

Berita Provinsi