Selamat Datang di Website Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Timur
Evaluasi Program Kerja: 13 PPT Pratama Jalani Uji Kompetensi di Jakarta Pusat - BKD. Prov.Kaltim

Evaluasi Program Kerja: 13 PPT Pratama Jalani Uji Kompetensi di Jakarta Pusat

  Selasa, 20-02-2024   09:51   Renick   194

Samarinda - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur bersiap melaksanakan Uji Kompetensi (Ukom) bagi Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama sebagai bagian dari evaluasi pelaksanaan program kerja, kinerja organisasi, dan pelayanan kepada masyarakat. Sejumlah 13 PPT Pratama dijadwalkan mengikuti uji kompetensi pada tanggal 21 Februari mendatang. Lokasi pelaksanaan uji kompetensi akan berlangsung di Ruang Rapat Kantor Penghubung Jalan Kramat II No 42, Kwitang Senen Jakarta Pusat.

Deni Sutrisno, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim, menjelaskan bahwa uji kompetensi merupakan tahapan penting dalam proses pengisian jabatan. Hasil uji kompetensi akan menjadi pertimbangan objektif bagi Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dalam pemilihan calon terbaik untuk masing-masing jabatan, selain faktor-faktor objektif lainnya.

“Dari 15 posisi yang diuji kompetensikan, hanya 13 PPT Pratama yang diundang karena terdapat dua posisi yang masih lowong, yaitu Kepala Dinas Pariwisata dan Staf Ahli bidang Sumber Daya Alam, Perekonomian Daerah, dan Kesejahteraan Rakyat,” ungkap Deni saat dihubungi melalui telepon pada Senin (19/2/2024).

Deni menambahkan bahwa kinerja merupakan salah satu pertimbangan utama dalam pemilihan peserta uji kompetensi. Sebagai daerah tempat berdirinya IKN, penjabat Gubernur berharap para pejabat pimpinan tinggi dapat mengakselerasi kinerja diri dan organisasi yang mereka pimpin untuk mendukung IKN.

“Uji kompetensi ini juga dapat membuka peluang adanya seleksi terbuka pada tahap selanjutnya. Ini adalah suatu tugas yang harus kita laksanakan dengan baik, dengan harapan peserta hadir tepat waktu,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan Ukom kali ini, panitia seleksi melibatkan perwakilan dari Pemerintah Pusat, yakni Kementerian PAN-RB dan Badan Kepegawaian Negara. Tahapan uji kompetensi mencakup kehadiran peserta, presentasi selama 10 menit, wawancara mendalam selama 20 menit oleh panitia seleksi, dan hasilnya akan dilaporkan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian.

“Kami berharap semua peserta dapat hadir dan melaksanakan uji kompetensi dengan baik sehingga dapat mencapai hasil terbaik,” harap Deni.

Adapun PPT Pratama yang akan mengikuti uji kompetensi meliputi Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan, Staf Ahli I Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Kepala Badan Pendapatan Daerah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kepala Dinas Perkebunan, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Kepala Biro Perekonomian, dan Kepala Biro Umum. Nick

Sumber : DiskominfoKaltim

Berita Provinsi