Selamat Datang di Website Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Timur
KORPRI Kaltim: ASN Harus Siap Hadapi Era Digital - BKD. Prov.Kaltim

KORPRI Kaltim: ASN Harus Siap Hadapi Era Digital

  Rabu, 29-11-2023   11:40   Renick   215

Samarinda - Penjabat Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik, memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-52 pada Rabu (29/11) di Halaman Kantor Gubernur Kaltim.
Dengan tema "KORPRIKAN INDONESIA," upacara tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat, termasuk Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni, Asisten Pemerintahan dan Kesra M Syirajudin, Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Ir Ujang Rachmad, serta Asisten Administrasi Umum Riza Indra Riadi. Turut hadir pula Danrem 091/ASN beserta jajaran FKPD dan pimpinan Perangkat Daerah.


Dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional, Zudan Arif Fakhrulloh, menegaskan adanya perubahan cepat akibat perkembangan teknologi dan harapan masyarakat yang terus berkembang. Dua faktor utama ini, menurutnya, harus dihadapi oleh KORPRI.


Pentingnya digitalisasi dalam proses, hasil layanan, dan pemasaran produk pemerintahan menjadi sorotan. 
"Harapan masyarakat terhadap pemerintah semakin meningkat tajam, masyarakat pun sangat berharap pemerintah memberikan pelayanan yang lebih cepat, lebih mudah, lebih akurat," ucapnya.


Layanan yang dapat diakses secara online, cepat, dan tepat menjadi kebutuhan mendesak. Akmal Malik menekankan bahwa KORPRI harus mampu membaca dan merespons perubahan ini untuk mengembangkan birokrasi Indonesia sebagai motor penggerak menuju Indonesia Emas 2045.


Saat ini, Indonesia mengalami pesatnya perkembangan teknologi dengan pertumbuhan aplikasi digital, tidak hanya di perkotaan tetapi juga di daerah pelosok. Di sektor pemerintahan, transformasi dari layanan tatap muka ke layanan digital tengah berlangsung. Meski terdapat lebih dari 27.000 aplikasi digital di seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah, mayoritasnya belum terintegrasi, bahkan banyak yang tumpang tindih dan duplikasi.

                              
KORPRI diharapkan dapat menghadapi tantangan zaman ini dengan memperkuat kompetensi digital dan budaya digital di kalangan ASN, serta membentuk layanan digital pemerintah yang terpadu dengan memprioritaskan kebutuhan warga.


Upacara ulang tahun ke-52 Korpri dijadikan momentum untuk meneguhkan peran KORPRI sebagai penguat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan pelindung ASN.


Acara tersebut diikuti oleh perwakilan seluruh organisasi perangkat daerah di lingkup Pemerintah, dilengkapi dengan penyerahan secara simbolis Satyalancana Karya Satya bagi PNS dan penyerahan uang pembinaan dari Pemprov Kaltim kepada PNS berprestasi pada kegiatan MTQ ke-6 KORPRI tahun 2022 di Kota Padang. Nick

Berita Provinsi