Selamat Datang di Website Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Timur
Pemkab Kubar Percayakan Jobfit Ke UPTD PKP BKD Prov Kaltim - BKD. Prov.Kaltim

Pemkab Kubar Percayakan Jobfit Ke UPTD PKP BKD Prov Kaltim

  Senin, 06-09-2021   19:45   Renick   403

SAMARINDA – UPTD Penilaian Kompetensi Pegawai (PKP) BKD Provinsi Kaltim kembali dipercaya untuk memfasilitasi uji kompetensi (ukom) bagi pejabat ASN. 

Adapun uji kompetensi kali ini adalah berupa assessment Job Fit (uji kesesuaian) bagi para ASN pejabat eselon II atau Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Kubar).

(Keterangan gambar : Wakil Bupati Kubar Edyanto Arkan, Sekda Kubar Ayonius, dan Asisten III Achmad Sofyan saat foto bersama dengan Kepala UPTD PKP BKD Kaltim Yuli Fitriyanti didampingi tim assessor dan psikolog)

”Uji kompetensi ini untuk mengetahui apakah seorang pejabat sudah cocok di bidang sesuai karakternya, dan seperti apa langkah untuk menghadapi tantangan kedepan yang semakin berat,”ujar, Wakil Bupati Kubar H. Edyanto Arkan dalam sambutannya saat membuka ukom bagi PPT Pratama di lingkungan Pemkab Kubar, di Ruang CAT Kantor UPTD PKP Jl Kartini No 13 Samarinda, Senin (6/9/2021). Saat itu, Wakil Bupati juga didampingi Sekretaris Daerah kabupaten Kubar Ayonius dan Asisten III H Achmad Sofyan.

Edyanto berpesan kepada peserta bahwa ekspektasi masyarakat kini sudah semakin tinggi sehingga pemerintah dituntut untuk harus lebih baik lagi kedepannya, layaknya berkomitmen untuk terus mendorong peningkatan kualitas bagi pejabat ASN.

Tak lupa, Wabup atas nama Pemkab Kubar juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemprov Kaltim melalui BKD Kaltim yang sudah menyediakan tempat untuk melaksanakan uji kompetensi.

“Terimakasih kepada para assessor yang telah membantu kami untuk mendapat gambaran paserta assessment, tes ini merupakan alat bagi kami untuk memberikan penilaian kompetensi teknis maupun non teknis,”tutup, Wabup.

(Keterangan gambar kiri : Kepala BKD Prov Kaltim Diddy Rusdiansyah memantau pelaksanaan Jobfit PPT Pratama Pemkab Kubar, gambar kanan : Kepala BKD Diddy Rusdiansyah saat berbincang dengan Sekda Kabupaten Kubar Ayonius usai membuka kegiatan jobfit) .

Sementara, diwawancara terpisah, Sekda Kubar Ayonius mengungkapkan kegiatan assessment terhadap peserta jobfit sudah dilakukan setahun yang lalu, sehingga saat ini harus segera di evaluasi kembali khususnya terhadap pejabat yang telah lama menjabat di perangkat daerah. 

“Kalau terlalu lama di opd itu khawatir akan muncul kejenuhan, kita evaluasi kinerja mereka sehingga pak bupati nanti bisa menentukan sikap kedepan apakah nanti akan terjadi pergeseran jabatan, tentunya sesuai kemampuannya. Nanti akan kita diskusikan lagi dengan pak bupati setelah hasil uji jobfit kita dapatkan,” pungkasnya.

Dia juga berharap agar hasil ukom nantinya bisa menambah semangat kinerja mereka (pesertajobfit-red) kedepan untuk membangun daerah khususnya di Kabupaten Kubar dan Provinsi Kaltim secara umum.

Masih terkait kegiatan itu, Kepala BKD Provinsi Kaltim Diddy Rusdiansyah turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Kubar yang telah mempercayakan assessment jobfit kepada UPTD PKP, menurutnya hal ini adalah termasuk bagian dari upaya dalam meningkatkan kualitas UPTD PKP sendiri.

“Siapapun yang ingin menggunakan jasa UPTD PKP kita siap memfasilitasi, Alhamdulillah saat ini kita cukup sibuk karena UPTD PKP semakin ramai dan dipercaya,” ujar Diddy yang saat itu juga hadir memantau kegiatan assessment jobfit tersebut. 

Diketahui, kegiatan tersebut bertujuan untuk mendapatkan informasi yang kredibel apakah seorang pejabat sudah cocok di bidangnya sesuai dengan karakter dan kemampuannya. Selain, menjalankan amanat PP No.17/2020 tentang pengelolaan uji kompetensi melalui mutasi dan rotasi.

Mengenai peserta, dijelaskan Kepala UPTD PKP Yuli Fitriyanti yaitu peserta jobfit PPT Pratama Kab. Kubar berjumlah 20 orang, dan  kegiatan akan dilaksanakan selama tiga hari sejak tanggal 6-8 September 2021 dengan menerapkan standar protokol kesehatan. Nick/BKDKaltim

Berita Provinsi