Pengumuman Hasil SKD CPNS Pemprov. Kaltim 2019 dapat dilihat disini
Pendampingan Sensus Penduduk Online 2020 - BKD. Prov.Kaltim

Pendampingan Sensus Penduduk Online 2020

  Selasa, 03-03-2020   12:21   Renick   430

Samarinda, Kaltim : Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kaltim melakukan pendampingan pengisian data Sensus Penduduk Online (SPO) tahun 2020 di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kaltim, Selasa (3/3/2020).

Kepala BPS Prov. Kaltim di wakili oleh Kabid Statistik Distribusi BPS Wembri Suska mengatakan saat ini pengisian SPO dan pelaksanaannya sudah dimulai.

Wembri mengungkapkan SP Online 2020 ini adalah pendataan sensus tahap awal yang dilakukan dari tanggal 15 Februari sampai 30 maret paling lambat Pukul 00.00 Wita

"DI sistem kami nanti, bagi masing-masing KK yang belum tercatat melakukan SPO, maka rumahnya akan didatangi petugas sensus pada tanggal 1 April sampai dengan 31 Juli untuk diwawancara. Disinilah keuntungannya melakukan SP Online, kalau berhasil ya rumahnya tidak akan didatangi petugas lagi. Jika belum tercatat juga, maka data KK Bapak Ibu tidak tercatat di SP 2020," Jelas Wembri saat membuka Sosialisasi SPO 2020 di Ruang Rapat BKD Kaltim.

SPO 2020, Lanjut Wembri menuturkan, merupakan penyelenggaraan kegiatan pencacahan lengkap seluruh penduduk Indonesia yang ketujuh kalinya, sejak tahun 1961.

Sensus Penduduk 2020 akan memanfaatkan data administrasi kependudukan (adminduk) sebagai data dasar untuk pencacahan penduduk secara lengkap.

Selain itu, SP2020 juga akan memanfaatkan berbagai mode pengumpulan data yang menggunakan teknologi informasi terkini (on line), disamping dengan menggunakan metode wawancara.

Sementara itu Kepala BKD Kaltim Hj Ardiningsih mengucapkan terima kasih kepada jajaran BPS Kaltim yang sudah berkenan hadir melakukan pendampingan SPO 2020 di lingkup BKD Kaltim.

Dirinya juga meminta kepada seluruh jajarannya agar mengikuti kegiatan ini hingga tuntas,"tentu hal ini sangat penting untuk mendeteksi posisi kita masing-masing. Bagaimanapun juga dengan sistem NIK dengan KTP yang ada, terkadang masih saja posisi kita yang tidak sesuai, mungkin nanti harus di clear kan juga,"katanya.

Kemudian Sekretaris BKD Kaltim Nina Dewi juga menyampaikan sekaligus berharap pengisian data SPO 2020 khususnya bagi seluruh jajara pegawai di lingkup BKD dapat berhasil dan tuntas.

"Mohon nanti bukti fisiknya berhasil SPO agar disampaikan ke Bidang Sekretariat sebagai laporan berapa persen yang telah berhasil SPO. kemudian laporannya nanti kita akan serahkan ke BPS. Kita harapkan sensus online ini berhasil semua," tandas Nina.

Peserta SPO 2020 hadir Kepala BKD Kaltim Hj Ardiningsih, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, Seluruh Staf PNS dan Non PNS di lingkup BKD Kaltim dan Sekretariat DP Korpri Kaltim. (Nick/Nin/dinfobkdkaltim)

Berita Provinsi