Selamat Datang di Website Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Timur
Seleksi JPT Pratama Mulai Bergulir, 97 Pelamar Ikuti Seleksi Penulisan Makalah - BKD. Prov.Kaltim

Seleksi JPT Pratama Mulai Bergulir, 97 Pelamar Ikuti Seleksi Penulisan Makalah

  Kamis, 08-09-2022   12:59   Renick   199

SAMARINDA – Seleksi terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di lingkungan Pemprov Kaltim mulai bergulir pada Kamis (8/9/2022). Kali ini memasuki tahapan seleksi penulisan makalah.

Sebelumnya panitia seleksi (pansel) mengumumkan pelamar yang lulus seleksi administrasi di laman resmi BKD Provinsi Kaltim pada Rabu (7/9/2022) pukul 00.00.

Yaitu, dari sebanyak 101 orang dinyatakan lulus seleksi administrasi sebanyak 97 orang, sementara tidak lulus sebanyak 4 orang. Maka bagi pelamar yang lulus dinyatakan berhak mengikuti tahapan berikutnya yaitu seleksi penulisan makalah.

Adapun yang dilamar sebanyak 13 jabatan perangkat daerah terdiri dari Dinas Kehutanan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, RSJD Atma Husada Mahakam, Biro Perekonomian, Biro Administrasi Pembangunan, Biro Pengadaan Barang dan Jasa, BPKAD, Balitbangda, Dinas Pariwisata, Biro Hukum, Biro Pemerintahan dan Otda. dan Biro Administrasi Pimpinan.

“Kali ini kita mengikuti tahapan lanjutan yaitu seleksi penulisan makalah, seleksi ini merupakan tahap awal dimana setelah seleksi administrasi, dimana nantinya setelah ini akan dilanjutkan dengan seleksi kompetensi kemudian persentasi makalah dan wawancara,” ujar Kepala BKD Provinsi Kaltim Deni Sutrisno dalam sambutannya membuka kegiatan seleksi penulisan makalah dalam rangka seleksi JPTP Pemprov Kaltim, di Ruang CAT UPTD Penilaian Kompetensi Pegawai BKD Kaltim, Kamis (8/9/2022).

Dirinya pun turut mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang lolos seleksi administrasi dan berharap diberi kelancaran untuk mengikuti seluruh tahapan seleksi.

Adapun tujuan seleksi ini, Deni mengemukakan dari seluruh tahapan yang akan diikuti kedepannya diantaranya tidak lain adalah untuk melihat rekam jejak, dedikasi, loyalitas termasuk integritas para pelamar.

                                            

“Sehingga nantinya bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan diterima oleh stakeholders atau pemangku kepentingan, dan pada akhirnya nanti bisa melaksanakan kinerja dengan baik,” ungkapnya.

Deni mengatakan dalam seleksi penulisan makalah ini diharapkan para peserta bisa menyalurkan ide gagasan pikiran, didalam makalah yang akan ditulis, yang nantinya akan menjadi perhatian para pansel.

“Apa yang bapak ibu (peserta) tulis akan dipersentasikan pada sesi berikutnya. Manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, nanti panitia akan menampilkan batasan waktu sesuai tema yang ditentukan,”katanya.

Adapun seleksi ini ia menambahkan, terkait dengan UU ASN Nomor 5 Tahun 2014, yang fokus untuk menghasilkan calon JPTP yang memenuhi kualifikasi, kompetensi dan kinerja.

Karenanya, Deni mengakui, seleksi penulisan makalah ini yang menggunakan komputer. Sehingga diharapkan calon JPTP sangat familiar dengan teknologi informasi, karenanya tahapan-tahapan seleksi ini sedemikian rupa disiapkan oleh panitia termasuk juga metode penilaiannya.

Turut hadir mendampingi Kepala BKD Kaltim, Kabid Mutasi  BKD Kaltim, Yuli Fitrianti menyampaikan tata tertib atau petunjuk teknis pelaksanaan penulisan makalah.

Kegiatan seleksi penulisan makalah dilaksanakan selama dua hari sejak 8-9 September 2022. Perhari dibagi menjadi dua sesi. Nick

Berita Provinsi