Selamat Datang di Website Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Timur
Seminar Dan Konseling PNS di Provinsi Bali, BKD Beri Pembekalan Kepada Peserta - BKD. Prov.Kaltim

Seminar Dan Konseling PNS di Provinsi Bali, BKD Beri Pembekalan Kepada Peserta

  Jumat, 19-05-2023   19:21   Renick   241

SAMARINDA - Kegiatan seminar dan konseling bagi PNS tahun 2023 telah dijadwalkan dan akan dilaksanakan di Provinsi Bali, dimulai pada 22-26 Mei 2023.

Sebanyak 40 PNS di lingkungan Pemprov Kaltim akan mengikuti kegiatan tersebut. Adapun sebagai peserta adalah PNS yang akan purna tugas atau pensiun pada tahun 2028.

(Keterangan gambar : Kepala BKD Kaltim Deni Sutrisno menyalami peserta seminar dan konseling bagi PNS Pra purna tugas usai memberikan arahan pembekalan seminar dan konseling, Jumat 19 Mei 2023)

Kepala BKD Kaltim Deni Sutrisno mengungkapkan, Pemprov Kaltim melalui BKD Kaltim, sebagaimana diketahui melaksanakan kegiatan ini setiap tahunnya. Ini adalah sebagai salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada para PNS yang mendekati Batas Usia Pensiun (BUP) agar mampu mempersiapkan diri sebelum memasuki masa purna tugas.

Menurutnya, syarat ditetapkanya sebagai peserta seminar dan konseling ini diutamakan mereka yang 5 tahun sebelum memasuki BUP. Sehingga dalam kurun waktu 5 tahun tersebut mereka masih punya cukup waktu mempersiapkan menghadapi pensiun, baik itu dari segi fisik, mental dan finansial untuk mandiri atau berwirausaha.

“Sehubungan rencana kita akan dilaksanakan selama 5 hari, 22-26 Mei 2023. Perlu kami sampaikan bahwa sampai dengan 2028 data PNS yang memasuki pensiun ada 473 orang. Tapi dengan segala keterbatasan tahun ini kita baru bisa anggarkan untuk 40 orang. Kita harapkan tahun berikutnya bisa lebih dari 40 orang,” kata Kepala BKD Kaltim, Deni saat membuka sekaligus memberikan arahan di acara pembekalan seminar dan konseling PNS di Lantai III Kantor BKD Kaltim, Jumat (19/5/2023).

Sebagaimana diketahui, seminar dan konseling ini diantaranya yaitu berupa pembekalan pensiun dan pelatihan berwirausaha.

Kegiatan di Provinsi Bali lanjut Deni, nantinya murni tidak hanya diruangan menerima materi pembekalan saja, tetapi juga ada kunjungan studi lapangan langsung, yaitu obyek-obyek (pelaku usaha) yang sudah ditetapkan panitia.

“Ini kira-kira lebih kepada persiapan dalam 5 tahun kedepan saat pensiun apa aja sih? Kalau masih punya jiwa wirausaha, orientasinya lebih kesitu, ada juga kunjungan ke lokus-lokus yang nantinya memerlukan kesiapan secara fisik,” terangnya.

Kemudian terpenting, dirinya sekaligus berpesan agar para peserta nantinya selama di provinsi Bali tetap menjaga nama baik sebagai ASN Pemprov Kaltim, serta menjaga kekompakan satu sama lain.

Pembekalan kepada peserta ini, BKD Kaltim melalui bidang Pembinaan ASN, berupa penyampaian teknis keberangkatan dan tata tertib selama kegiatan, kemudian bagaimana kesiapan kondisi peserta mengikuti kegiatan. Sehingga diharapkan kegiatan seminar dan konseling ini nantinya dapat berjalan dengan lancar.

Adapun Seminar dan Konseling melibatkan para narasumber yang kompeten di bidang wirausaha, kemudian konseling bekerjasama dengan Center of Applied Psychology, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Bali.

Kabid Pembinaan ASN BKD Kaltim, Adisurya Agus menyampaikan, peserta adalah PNS yang lahir pada tahun 1970. Berjumlah 40 orang dari 25 Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov Kaltim. Dengan rincian, Golongan I sebanyak 7 orang, Golongan II sebanyak 18 orang, Golongan III sebanyak 16 orang.

Berikut beberapa daftar pelaku usaha yang akan di kunjungi di Bali antara lain, Pengolahan Pie Susu dan Kacang Disco, Pembuatan Kipas, Pengolahan Coklat, dan Pie Susu. Nick

Berita Provinsi