Selamat Datang di Website Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Timur
Simulasi CAT BKN Tingkatkan Kesiapan Non ASN - BKD. Prov.Kaltim

Simulasi CAT BKN Tingkatkan Kesiapan Non ASN

  Kamis, 11-07-2024   18:20   Renick   636

Samarinda – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalimantan Timur, mengadakan Simulasi Seleksi Kompetensi menggunakan Computer Assisted Test (CAT) BKN pada Rabu (10/7) , Simulasi yang juga difasilitasi Kantor Regional (Kanreg) VIII BKN Banjarbaru dilaksanakan di Lab Station BKD Kaltim, Jl. Bhayangkara.


Deni Sutrisno, Kepala BKD Kaltim, menjelaskan bahwa jumlah tenaga Non-ASN berdasarkan data yang divalidasi per Januari 2024 mencapai 7.880 orang, naik dari 6.621 orang pada tahun 2022.


"Simulasi ini adalah gambaran awal bagi Non-ASN yang akan mengikuti seleksi di waktu mendatang," ujar Deni dalam sambutannya.


Menurut Deni, simulasi ini bertujuan untuk mengenalkan perangkat yang akan digunakan saat seleksi. Ia menekankan pentingnya simulasi ini karena spesifikasi komputer yang digunakan berbeda dari komputer biasa.


"Manfaatkan waktu simulasi 45 menit ini sebaik mungkin, meskipun pada seleksi sesungguhnya waktu yang diberikan adalah 120 menit," tambah Deni.
Selama simulasi, peserta diuji dengan soal-soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Intelegensi Umum (IU), dan karakteristik pribadi. Deni mengingatkan peserta untuk menggunakan simulasi ini untuk mengukur kemampuan dan melihat kekurangan mereka, sehingga masih ada waktu untuk belajar sebelum seleksi sebenarnya.
“Kami berharap pelaksanaan seleksi yang sesungguhnya dapat dilakukan pada Juli atau Agustus mendatang," tutupnya.


Dengan adanya simulasi ini, diharapkan para Non-ASN dapat lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi seleksi yang akan datang.
Adapun simulasi yang sudah memasuki hari kedua ini diadakan sebanyak 6 sesi, persesinya mengakomodir sebanyak 100 orang. Sesi terakhir dihari ketiga dijadwalkan pada besok Kamis 11 Juli 2024. Nick

 

Berita Provinsi