Selamat Datang di Website Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Timur
SKB CPNS Formasi 2019 Pemprov Kaltim Dimulai - BKD. Prov.Kaltim

SKB CPNS Formasi 2019 Pemprov Kaltim Dimulai

  Selasa, 01-09-2020   12:32   Renick   1661

Samarinda, Kaltim : Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Formasi tahun 2019 dengan metode Computer Asisted Test (CAT) di lingkungan Pemprov Kaltim dimulai

Sebelumnya tes SKB CPNS 2019 ini sempat mengalami penundaan karena imbas pandemi covid-19.

Menghadapi situasi Kondisi Luar Biasa (KLB) Covid-19 berbagai macam persiapan dilaksanakan tim BKD Provinsi Kaltim sejak beberapa hari yang lalu dengan tetap memperhatikan pedoman protokol kesehatan yang ada. 

Berikut, Kepala BKD Provinsi Kaltim Diddy Rusdiansyah bersyukur  pelaksanaan SKB ditengah pandemi kali ini berjalan dengan baik dan lancar. 

"Walaupun tadi sesi pertama ada 3-4 peserta  tidak hadir dan terlambat itu bukan kesalahan panitia, sebab kita sudah mengumumkan jadwal sejak lalu, " Ujar Diddy saat meninjau Pelaksaanaan SKB di Kantor UPT Penkom

Adapun Pelaksanaan tes berlangsung di Kantor UPT Pengukuran Kompetensi (Penkom)/gedung assessment center Lantai I BKD Prov Kaltim Jl. Kartini No. 1, tanggal 1- 5 September 2020.

Diantaranya, menyiapkan ruangan tes CAT, tempat pra registrasi, tenda steril peserta, rambu pengatur jarak, tempat cuci tangan dan loker, mengikuti pedoman kesehatan yang berlaku. 

Tak luput, dalam upaya memperketat protokol kesehatan, peserta sebelum memasuki area tes akan di wajibkan memakai masker, dicek suhu tubuh  oleh petugas serta diwajibkan cuci tangan. 

Khusus peserta yang bersuhu lebih dari 37.3 derajat celcius akan diarahkan ke tim kesehatan. Jika timkes memutuskan boleh melanjutkan maka peserta akan disiapkan ruangan khusus di lantai II dan diberi tanda khusus. 

Selain itu Diddy berpesan agar pelamar jangan percaya dengan calo atau oknum yang menjanjikan akan lulus tes dengan mudah. 

"Itu sudah jelas mereka (calo-red) tidak punya peran apa-apa disini, semuanya berbasis sistem, jangan terikat dengan calo, kalau ada iming-iming tertentu itu omong kosong. Namun hanya percayalah kepada Allah SWT saja, tidak ada yang tidak mungkin selama mau berusaha dan berdoa, "Tuturnya.

Serta diakuinya, gedung UPT Penkom yang dimiliki BKD ini kedepannya akan berusaha terus ditingkatkan sebagai pusat pengembangan kompetensi. 

Sementara Kabid Mutasi Hj. Kustiningsih menerangkan jumlah peserta SKB CPNS Pemprov Kaltim sebanyak 708 orang, formasi yang tersedia sebanyak 368.

Setidaknya lanjut dia, ada 500 lebih peserta yang akan mengikuti tes tersebut di UPT Penkom. 

Sisanya (peserta) mengikuti tes diluar Provinsi Kaltim yakni titik lokasi di UPT/Kanreg BKN terdekat sesuai yang telah di pilih masing-masing peserta. 

Perharinya dilaksanakan sebanyak 3 sesi dengan jumlah peserta sebanyak 150 orang dimana persesinya 50 orang kecuali hari Jumat yang hanya 2 sesi. 

"Peserta kami mohon wajib hadir 2 jam sebelum tes dimulai, sebab aturannya demikian tidak ada toleransi bagi yang terlambat,"pesan Kustiningsih kepada peserta. 

Dijelaskannya, barang yang wajib dibawa dan diperbolehkan masuk ke ruangan yakni KTP/Suket/KK asli, Kartu Peserta , dan pensil kayu yang, dibawamasing-masing peserta. 

Untuk Live score SKB dapat disaksikan di via live streaming youtube BKD Provinsi Kaltim per sesi setiap harinya, hal ini untuk mencegah kerumunan ditempat. 

Bertindak sebagai petugas SKB CAT yang menjaga dalam ruangan yakni tim dari Kantor Regional (Kanreg) BKN VIII Banjarmasin sebanyak 5 orang. (Dinfobkdkaltim/Nick) 

Berita Provinsi