Selamat Datang di Website Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Timur
Sosialisasi Ketaspenan, Tiada Kata Pensiun Untuk Berkarya - BKD. Prov.Kaltim

Sosialisasi Ketaspenan, Tiada Kata Pensiun Untuk Berkarya

  Jumat, 25-02-2022   11:30   Renick   201

SAMARINDA – BKD Provinsi Kaltim bersama PT Taspen Persero dan Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) melaksanakan sosialisasi ketaspenan, pengurusan pensiun pertama dan kewirausahaan.

Sosialisasi tersebut diikuti para PNS yang memasuki batas usia pensiun (BUP) tahun 2022 di lingkungan Pemprov Kaltim. Kegiatan dibuka oleh Kepala BKD Kaltim Diddy Rusdiansyah, Asisten Manajer Kepesertaan PT Taspen, Renato Rasidi Siahaan, dan Kepala Cabang Mandiri Taspen Samarinda, Fenny Emilia.

Pada kesempatan itu Diddy menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk perhatian Pemprov Kaltim bagi PNS yang akan memasui batas usia pensiun (BUP).

“Pensiun adalah masa-masa paling indah, di BUP usia 58 tahun itu saat pensiun ada skala waktu tertentu kita masih bisa produktif dan bisa menghasilkan. Pada kesempatan ini teman-teman dari Taspen berinisiasi  memberikan kesempatan semacam best practice, bimbingan-bimbingan bagaimana memulai suatu usaha dengan biaya yang tidak terlalu mahal,” kata Diddy dalam sambutannya saat membuka acara sosialisasi ketaspenan, di Kantor BKD Kaltim, Kamis (24/2/2022) kemarin.

Diddy berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi peserta, selain memahami hak-hak apa saja yang didapat setelah pensiun tetapi juga mendapatkan pengetahuan tentang berwirausaha sehingga tetap bisa berkarya di masa pensiun.

“Sederhana, tidak mesti menjadi pengusaha besar tetapi paling tidak setelah pensiun mempunyai kegiatan-kegiatan yang produktif, saya dua tahun setengah lagi akan pensiun juga ini, sedang mempersiapkan juga untuk usaha apa nanti,” imbuhnya.

Diddy mempersilahkan bagi PNS yang mempunyai masalah atau kendala saat mengurus SK pensiun agar segera melapor ke helpdesk BKD untuk ditindak lanjuti.

“Silahkan hubungi helpdesk kami untuk masalah SK pensiun, biar kita proses dengan cepat sehingga ketika pensiun nanti tepat waktu menerima SK nya,” tambahnya.

Kepala Cabang Mandiri Taspen Samarinda, Fenny Emilia menjelaskan Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) memang dikhususkan untuk melayani PNS BUP khususnya dalam hal pemberkasan kepensiunan, layanan fasilitas atau produk perbankan.

“Apabila menjelang pensiun tidak perlu jauh-jauh lagi datang kekantor Taspen, tinggal telpon kami saja, nanti tim kami bisa langsung datang kerumah atau kekantor bapak ibu terkait pemberkasan sehingga lebih dimudahkan,” jelas Fenny.

Lanjut penjelasan Fenny, Bank Mantap memiliki slogan “Tiada Kata Pensiun Untuk Berkarya,”.  Terkait kewirausaan Bank Mantap mempunyai tiga pilar yaitu Mantap Aktif, Mantap Sehat, dan Mantap Sejahtera.

Dalam program Mantap Sejahtera, yaitu dalam bentuk kewirausaahaan berupa pembekalan para PNS BUP. Fenny menyebutkan,  program kewirausahaan yang sudah berjalan saat ini adalah usaha tanaman hidroponik.

“Jadi nanti ada sesi khusus kami menyampaikan bercocok tanam dengan metode hidroponik oleh mentor kami. Mentor kami, akan membantu bagi yang ingin berminat dalam usaha ini,” ucap Fenny.

Fenny juga mengatakan tidak hanya sebatas memberikan pengetahuan, tetapi mentor nantinya juga akan memberi pengetahuan tata cara untuk memasarkan hasil hidroponik bagi yang khususnya masih bingung ingin memasarkan ataupun menjual kemana nantinya hasil panen hidoponik. Nick

Berita Provinsi