Selamat Datang di Website Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Timur
Tentang Figur Pemimpin dan Membangun Tim - BKD. Prov.Kaltim

Tentang Figur Pemimpin dan Membangun Tim

  Jumat, 15-01-2021   08:23   Renick   605

Samarinda, Kaltim - Setiap orang bisa menjadi agen-agen perubahan tanpa melihat level, salah satunya dengan cara menjadikan keberhasilan yang dibuat orang lain sebagai motivasi diri.

"Sibuk terlena dengan keberhasilan orang lain hanya membuat kita menjadi `stagnan`," ujar Kepala BKD Kaltim Diddy Rusdiansyah saat memberikan materi pembelajaran kepada Peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan IV oleh @bpsdmkaltim secara virtual, Kamis (14/01/21).

Dengan materi yang disampaikannya bertajuk “Membangun Tim Efektif”, ditambah berbagi pengalaman selama kepemimpinannya, diharapkan dapat dijadikan pelajaran dan motivasi bagi para peserta.

"Peran kita adalah justru menemukan masalah yang ada lalu memperbaikinya sehingga menjadi sejalan antara keberhasilan yang sudah tercapai dengan upaya untuk melakukan peningkatan keberhasilan lebih lanjut”, ungkapnya.

Figur pemimpin menurut Diddy, jangan hanya memberi pekerjaan kepada orang yang dianggap pintar, karena itu akan membuat ketimpangan pada sebuah organisasi.

"Mengelola tim bekerja secara efektif merupakan tantangan bagi pemimpin dan seorang pemimpin dituntut untuk menjadi teladan bagi yang lain," tukasnya.

Menurutnya, kepemimpinan yang baik dalam sistem pemerintahan adalah pemimpin yang tumbuh dari arus bawah, berawal sebagai Pelaksana kemudian Pengawas lalu Administrator dan berlanjut menjadi Jabatan Pimpinan Tinggi, pemimpin yang melalui tahapan ini ialah pemimpin yang matang.

Keunggulan orang yang ada jangan dijadikan sebagai objek, karena pada sebuah tim ada nilai dan norma, karakter, serta kepentingan yang berbeda-beda.

"Pastikanlah tujuan menjadi pemersatu dalam sebuah tim, dan efektifitas diukur saat setiap individu dapat berkontribusi lebih dalam tim daripada berkerja sendiri," pungkasnya.(dinfobkdkaltim/nick)
 

Berita Provinsi