Selamat Datang di Website Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Timur
Ujian Dinas PNS Tingkat II, Kepala BKD Sebut Ujian Termasuk Bagian Penilaian Kompetensi - BKD. Prov.Kaltim

Ujian Dinas PNS Tingkat II, Kepala BKD Sebut Ujian Termasuk Bagian Penilaian Kompetensi

  Jumat, 24-12-2021   11:02   Renick   560

SAMARINDA – BKD Provinsi Kaltim melaksanakan Ujian Dinas Tingkat (Tk) II bagi PNS di lingkungan Pemprov Kaltim di Kantor UPTD Penilaian Kompetensi Pegawai (PKP) BKD Kaltim Jl Kartini No. 13, Kamis (23/12/2021).

Ujian Dinas tersebut dibuka langsung oleh Kepala BKD Kaltim Diddy Rusdiansyah didampingi Kepala UPTD PKP Yuli Fitriyanti. Dalam laporannya Kepala BKD menyampaikan Ujian Dinas TK II dilaksanakan selama 1 hari diikuti peserta sebanyak 12 orang PNS golongan pangkat III/d dan menduduki jabatan struktural eselon III.

“Ujian Dinas ini merupakan syarat untuk mendapatkan Surat Tanda Lulus Ujian Dinas (STLUD) untuk menjadi syarat kenaikan pangkat dari golongan III/d naik ke golongan IV/a,” ujar Diddy menjelaskan.

Menurutnya, ujian dinas ini berdasarkan UU No. 5/2014 tentang ASN, PP 12/2002 tentang Perubahan atas PP 99/2000 tentang Kenaikan Pangkat PNS. Kemudian Surat Edaran (SE) Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara dan Ketua Lembaga Administrasi Negara No. 12/SE/1981 dan No. 193/Sek.LAN/8/1981 Tentang Pelaksanaan Ujian Dinas PNS.

Dalam arahannya Diddy berpesan agar peserta bisa sungguh-sungguh dan tetap fokus dalam mengerjakan ujian dinas sebab ini termasuk  bagian didalam penilaian kompetensi. 

“Silahkan mengerjakan, sebagian besar itu soalnya ada saat kita masih di pendidikan sekolah, seperti Pancasila. Karena itu adalah pondasi dari NKRI kita. Soal-soal yang lain saya rasa normatif saja,” terangnya.

Selain itu ia menambahkan, setelah hasil lulus ujian dinas TK II ini sudah keluar maka BKD segera mengupayakan percepatan proses kenaikan pangkat di tahun depan bulan Januari 2022, sehingga dapat dibagikan saat penyerahan Surat Keputusan (SK) kenaikan Pangkat di periode April 2022.

“Semoga sukses dan jangan lupa berdoa, mudahan (SK Kenaikan Pangkat) sudah bisa kita bagikan di periode April 2022 nanti, bersamaan dengan SK Kenaikan Pangkat ujian dinas Tk I sebelumnya. Januari ini mestinya kita sudah harus pemberkasan,” tandasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, peserta ujian dinas TK II juga diminta untuk mengumpulkan karya tulis sebelum pelaksanaan Ujian Dinas. Nick

Berita Provinsi